Social media sangat penting untuk bisnis Anda, bukan karena hal tersebut merupakan trend atau populer. Social media
akan membantu menjadi daya ungkit dalam bisnis Anda karena jangkauannya
yang tidak terbatas dalam kawasan regional saja, tapi terhubung dengan
seluruh dunia. Apalagi dengan metode SEO, bisnis Anda akan semakin mudah terlacak oleh orang-orang dimana pun juga.
Dalam artikel ini akan dibahas 3 alasan kenapa Anda tidak boleh mengabaikan social media untuk bisnis Anda yang ditulis oleh Brad Smith, seorang konsultan dan founder dari FixCourse.
Alasan Pertama: Wor(l)d of Mouth
Dengan koneksi yang luas dan saling terhubung satu sama lain, berita
yang ada di internet dengan sangat cepat menyebar. Dan itu terjadi tanpa
bisa Anda kendalikan. Anda tidak bisa lagi mengandalkan hal-hal lama,
yang memakai cara ‘tradisional’.
Social media tidak mengubah prinsip-prinsip dari marketing, tetapi dia telah terhubung dengan dunia secara kompleks dengan cara-cara bisnis yang tidak bisa Anda bayangkan.
Bahkan sekarang, sebuah restoran pun perlu ‘dipasarkan’ secara online. Di Yelp, Zagat, dan website lainnya Anda dapat melihat track record restoran-restoran tersebut, bahkan terdapat juga ulasan mengenai ruang duduk dan perlengkapannya.
Alasan Kedua: Kunci untuk Meningkatkan Nilai Konversi
Melakukan bisnis secara online sedikit berbeda dengan bisnis offline
pada umumnya. Anda tidak dapat memastikan siapa saja yang berhubungan
dengan Anda, membuat kesepakatan, bahkan dengan para pembeli Anda.
Sehingga, hal seperti ini telah menciptakan jurang kepercayaan antara
Anda dengan pelanggan Anda. Padahal, Anda membutuhkan kepercayaan
tersebut untuk menjaring pelanggan-pelanggan lainnya dan meningkatkan nilai konversi Anda. Satu-satunya cara yang ada adalah menjalin hubungan baik dengan mereka.
Tapi Anda tidak bisa diam dan berharap semua itu terjadi begitu saja. Anda harus melakukannya sendiri. Di sinilah social media berperan besar dalam usaha Anda untuk menjalin hubungan yang baik dengan pelanggan.
Jadi, mulailah berhati-hati setiap Anda akan meng-update status
Anda. Janganlah hanya memberi tahu mereka apa yang sedang Anda
kerjakan, tapi lakukanlah interaksi dengan mereka. Anda harus terbuka
dengan respon dan cerita mereka. Di sini social media berperan sebagai perantara pelayanan Anda terhadap para pelanggan.
Anda juga harus pintar-pintar untuk melakukan hal-hal tersebut
bergantian. Jika pelanggan sudah terikat dengan Anda, lakukanlah promosi
pelan-pelan pada tiap interaksi. Hal ini sangat bermanfaat untuk
meningkatkan keuntungan yang masuk.
Alasan Ketiga: Sebagai Bensin Strategi Marketing Anda
Strategi promosi terbaik adalah kampanye kombinasi dari yang dimiliki, diperoleh, dan dibayar oleh media.
Untuk bisnis online, ketiga komponen tersebut tercampur
bersama. Anda bahkan bisa mendapatkan hasil yang lebih baik tanpa harus
membayar biaya lebih mahal. Namun, Anda tetap saja tidak bisa
menggunakan strategi yang itu-itu saja.
Contohnya, SEO sekarang sudah berkembang menjadi lebih rumit sejak
Google mulai membaca dan memetakan perilaku setiap komputer. Sehingga
muncul di halaman pertama Google menjadi sangat subyektif, tergantung
dari kebiasaan setiap orang. Strategi yang Anda gunakan haruslah menarik
dan mempunyai konten yang bagus, sehingga orang-orang secara alami akan
masuk ke dalam situs Anda.
Untuk menyebarkan konten tersebut, Anda memerlukan social media seperti
Twitter dan Facebook. Jejaring sosial seperti ini akan membantu Anda
untuk menyebarkan dan mendistribusikan konten-konten yang Anda coba
sampaikan kepada pelanggan.
Anda juga perlu menguatkan brand atau merek bisnis Anda,
sehingga orang-orang akan mencarinya berdasarkan nama bisnis tersebut.
Anda harus menyesuaikan teknik SEO Anda (seperti kata kunci yang
dipilih) untuk tujuan bisnis yang lebih nyata, seperti meningkatkan
calon pembeli maupun penjualan.
Hal-hal seperti di atas tidak bergantung pada taktik apa yang Anda
gunakan. Jika Anda mengkombinasikan semuanya, dengan menggabungkan
pembuatan konten, SEO, social media, iklan, hingga pemasaran lewat e-mail.
Anda tentu tidak ingin mereka hanya sekedar lewat dan menjadi followers
Anda. Yang Anda perlukan adalah mengubah orang-orang asing yang berada
dalam target pasar Anda menjadi pelanggan yang setia. Oleh sebab itu, social media mempunyai dampak yang signifikan terhadap setiap proses tersebut.
Sumber